Selasa, 24 November 2009

Magic Box sebagai pereduksi polutan di udara




Indonesia memiliki tingkat kecemaran udara yang tinggi. Sumber polutan di udara ada berbagai macam, antara lain: penggunaan bahan bakar fosil seperti batubara, gas, dan minyak bumi. Pemakaiannya dari tahun ke tahun terus meningkat dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor dan industri di Indonesia.
“Gas buang yang dihasilkan, terdiri atas CO, NOx, HC, karbon dioksida (CO2), oksida sulfur (SOx), dan Pb”
Beberapa bahan bakar menghasilkan emisi yang berbeda sesuai dengan zat aditif yang digunakan untuk menaikkan bilangan oktan dalam penggunaan bahan bakar tersebut. Senyawa-senyawa kimia tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan, antara lain:
1. kanker pada paru atau organ tubuh lainnya,
2. penyakit pada saluran tenggorokan yang bersifat akut maupun kronis, dan
3. kondisi yang diakibatkan oleh pengaruh bahan pencemar terhadap organ lain seperti paru dan sistem syaraf (Tugaswati 1995).
Gas CO yang terikat oleh hemoglobin akan melumpuhkan kemampuan darah mengangkut oksigen ke otak, jantung, dan organ tubuh lainya. Gas NOx sebagai kontributor smog dan deposisi asam dan menyebabkan penurunan fungsi paru (Bappedal 2005). Hal ini dapat berdampak pada penurunan kemampuan fisik bahkan dapat menyebabkan kematian.
proses alami dari suatu bahan yang dapat digunakan sebagai pereduksi emisi gas buang khususnya gas NOx dan CO.
“Proses yang dimaksud adalah fotokatalisis”
Fotokatalisis merupakan salah satu pengembangan untuk memanfaatkan sinar ultraviolet (UV) dalam menghasilkan spesi pengoksidasi dan pereduksi pada permukaan katalis (Yudhasari 2003).
Permasalahan yang berkembang akibat polutan di udara sangat beragam. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi alat yang sederhana dan solutif sehingga dapat diterapkan oleh masyarakat dalam mengurangi masalah pencemaran udara akibat polutan. Selain pemilihan alat yang akan digunakan, pertimbangan lain seperti nilai estetika lingkungan serta nilai ekonomis pun diperhatikan. Inovasi kreatif dan unik menjadi sebuah magic box yang di pasang di sepanjang kota adalah solusi pengurangan polutan di udara
Inovasi komposit dalam bentuk magic box ini bertujuan membuat inovasi alat yang sederhana, aplikatif, dan solutif untuk mengurangi pencemaran udara (NOx dan CO) di kotakota besar. Inovasi ini memiliki fungsi utama yaitu mereduksi gas NOx dan Ox dengan prinsip fotokatalis TiO2 yang dideposisi pada permukaan keramik. Selain itu, dalam tataran aplikasi magic box ini juga dapat dimanfaatkan sebagai papan iklan dan hiasan kota. Dengan demikian, upaya penegndalian lingkungan udara dapat berbasis bisnis yang disponsori dari beberapa perusahaan yang juga memiliki peran dalam pengendalian lingkungan..
Keterangan gambar :
Magic Box adalah benda berbentuk balok dengan panjang 100 cm, lebar 50 cm dan tinggi 120 cm yang terbuat dari plastik, Magic Box dilengkapi dengan tiang besi setinggi 3 meter. Bagian depan Magic Box terdapat kipas yang berfungsi untuk menghisap udara dari polusi kendaraan bermotor, kipas tersebut berdiameter 45 cm. Bentuk kipas dapat dilihat pada gambar 10, bagian samping Magic Box transparan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media publikasi dan promosi, gambar tampak samping dapat dilihat pada gambar 9, bagian dalam Magic Box terdapat selongsong transparan yang menghubungkan udara yang berasal dari kipas ke keramik Al2O3TiO2 yang berfungsi sebagai fotokatalis. Permukaan atas Magic Box transparan sehingga sinar yang berasal dari matahari dapat masuk dan reaksi fotokatalis dapat berjalan dengan efektif, keramik Al2O3TiO2 berbentuk bulat dengan diameter 20 cm, keramik tersebut memiliki poripori seperti spons yang dapat digunakan sebagai tempat terjadinya reaksi fotokatalis.
Implementasi Magic Box sangat luas, Magic Box dapat diletakkan di tepi-tepi jalan raya di kotakota besar yang tingkat polusi udaranya relatif tinggi, Magic
Box juga memiliki nilai estetika yang tinggi karena selain dapat digunakan untuk mereduksi gas buang berbahaya, alat ini juga dapat digunakan sebagai media promosi dan publikasi dari sebuah produk atau institusi, aplikasi dari Magic Box dapat dilihat pada Gambar 1.
Implementasi dan Cara Kerja
Gas buang berbahaya seperti NOx dan CO akan terhisap oleh kipas penghisap udara dan masuk ke dalam Magic Box, di dalam Magic Box gas tersebut akan melewati lempeng komposit alumunium titanate (Al2O3TiO2) dan dengan bantuan sinar UV akan terjadi reaksi fotokatalisis yang akan mengkonversi gas NOx menjadi gas N2 dan N2O serta CO menjadi CO2 yang tidak berbahaya. Gas buang yang sudah terkonversi dan sudah tidak berbahaya tersebut akan dikeluarkan kembali lewat lubang pembuangan yang berada di belakang Magic Box. Sumber sinar UV utama adalah sinar matahari tetapi jika hari sudah gelap atau cahaya matahari berkurang maka lampu UV di dalam Magic Box akan menyala karena lampu tersebut dilengkapi dengan sensor cahaya yang sensitive terhadap cahaya yang datang jadi jika tidak ada cahaya matahari maka lampu tersebut akan menyala dengan sendirinya sehingga proses fotokatalisis akan terus berlangsung selama 24 jam setiap harinya.
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This

0 komentar:

Posting Komentar

mmmmmm...

 

Ayu Habibah Copyright © 2009 Fashionzine is Designed by Ipietoon for Bie Blogger Template
In Collaboration With Teen Celebrities