Minggu, 22 November 2009

“Eicchornia crassipes menghasilkan kualitas brightness pada kertas meningkat”


Kertas adalah lembaran yang terdiri dari serat-serat tanaman, serat sintesis, dan mineral atu campurannya dengan penambahan zat lain sehingga serat-serat tersebut terjalin menjadi kesatuan. Untuk menigkatkan kualitas derajat putih (brightness) pada kertas dapat menggunakan serat eceng gondok atau dalam bahasa latinnya adalah Eicchornia crassipes. Eceng gondok ini sangat mudah sekali ditemukan.
Bahan baku kertas yang digunakan adalah serat non kayu(eceng gondok) dan serat sekunder(kertas koran). Eceng gondok(Eicchornia crassipes) adalah salah satu tanaman monokotil hijau yang terapung di atas air dengan panjang batang 30-70 cm dan panjang serat yang tergolong sedang (1,75-2,12 mm) [Joedodibroto, 1983]. Sebagian besar kertas koran dibuat dari pulp mekanis sehingga derajat keputihannya rendah karena serat-serat selulosa masih bercampur dengan lignin dalam kadar yang tinggi. Eceng gondok dapat membantu peningkatan derajat keputihan kertas koran dengan pengambilan seratnya.
Preparasi sampel harus mengikuti tahap-tahap pengambilan serat. Proses pembuatan serat oceng gondok dilakukan dengan proses dekortikasi dengan alat menggunakan dekortikator [Onggo, 2004]. Proses pengambilan serat kertas koran dilakukan secara enzimatis dengan proses flotasi [Winarto, 1998].
Pada pembuatan kertas, umumnya sejumlah bahan kimia (additive) dalam jumlah yang relative sedikit tetapi dapat memperbaiki sifat-sifat lembaran kertas. Zat aditif yang dimaksud terdiri dari 2 jenis yaitu fungsional additive seperti filler, sizing agent, interfiber bonding agent yang terdiri dari dry strength dan wet strength, dan control additive seperti retention aid, drainage aid, defoamer,dll. [Elyani, 1992]. Filter merupakan bahan-bahan kimia yang berperan sebagai pengisi yang ditambahkan pada proses pembuatan kertas. Sizing Agent merupakan bahan yang berfungsi untuk melicinkan permukaan kertas yang dihasilkan. Dry Strength berfungsi untuk memperkuat ikatan antar serat pada suatu lembaran kertas. Retention Aid berfungsi untuk memperkuat antar serat dan zat aditif agar tidak terbuang bersama air.
Secara umum, hasil lembaran kertas yang dihasilkan cukup baik. Kertas yang dihasilkan dari pencampuran serat eceng gondok dengan kertas koran memiliki daya serap air yang cukup tinggi. Semakin banyak serat eceng gondok maka semakin tinggi daya serap airnya karena sifat eceng gondok lebih mudah menyerap air. Penambahan zat aditif meningkatkan derajat putih, daya serap air, dan kadar abu kertas, namun menurunkan indeks tarik. Semakin banyak eceng gondok yang digunakan maka derajat keputihan kertas semakin menurun karena warna eceng gondok sendiri berwarna kuning kecokelatan.
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This

0 komentar:

Posting Komentar

mmmmmm...

 

Ayu Habibah Copyright © 2009 Fashionzine is Designed by Ipietoon for Bie Blogger Template
In Collaboration With Teen Celebrities